Rabu, 29 Januari 2014

Indonesia juga Punya Bunga Sakura!


Orang Korea, Jepang, dan China bangga memiliki bunga sakura (tabebuia aurea) yang biasanya muncul setelah musim dingin berakhir dan musim panas akan tiba. Sakura sebenarnya sejenis pohon yang kehilangan daunnya saat musim dingin.
Kemudian sebelum musim panas tiba, pohon dan ranting yang sudah tanpa daun itu akan ditumbuhi semacam tunas kecil yang nanti menjelma menjadi bunga indah. Kebanyakan bunga warna putih, tapi ada juga warna ungu. Waktunya biasanya hanya satu minggu. Setelah itu bunganya akan rontok dan jatuh ke tanah.
Bunga sakura di Tokyo yang muncul tanggal 16 Maret 2013 (Sumber: japantimes.co.jp dan FLICKR/ RICH115).

Setelah itu akan muncul daun-daun baru, dan pohon dewasa dengan daun rindang akan kembali muncul.
Selama seminggu itu saat bunga sakura bersemi, biasanya orang Jepang akan keluar rumah menikmati bunga sakura yang mereka sebut dengan hanami atau melihat bunga.
Banyak orang Indonesia yang sengaja berkunjung ke Seoul, Beijing atau Tokyo hanya untuk melihat bunga yang indah itu. Biasanya sekitar bulan April. Namun sekarang kota Surabaya juga memiliki bunga sakura dan presis sama seperti di Korea, Jepang dan China.
Bunga sakura di sepanjang jalan di kota Surabaya tak kalah indahnya dengan bunga sakura di tempat lain, bahkan ada yang berwarna putih dan ungu.

Indahnya `Bunga Sakura` di Surabaya
Bunga sakura putih di sepanjang jalan Dr Moestopo yang dihiasi bunga tabebuya yang bermekaran di tepi jalan di Surabaya (13 November 2013) (Sumber: TEMPO/Fully Syafi).
Indahnya `Bunga Sakura` di Surabaya
Keindahan bunga sakura dari pohon tabebuya ungu (tabebuia aurea) dapat dilihat di sepanjang Jalan Embong Malang, Surabaya (13 November 2013) (Sumber: TEMPO/Fully Syafi).

Wah hebat Surabaya!
Sumber: http://unik.kompasiana.com/

0 komentar:

Posting Komentar