Rabu, 29 Januari 2014

Matematika? Sulit?

Matematika adalah ilmu abstarak, hampir semua konsep-konsep matematika adalah konsep yang abstrak yang berhubungan dengan kehidupan kita.
Mendengar kata itu tidak asing lagi bagi kita sebagai siswa,pelajar, maupun Mahasiswa. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran umum yang harus ada pada kurikulum sekolah. Bahkan di tingkat perguruan tinggi Pendidikan Matematika sudah menjadi Mata kuliah wajib.bagi sebagian orang menganggap Matematika itu sebagai mata pelajaran yang sangat sulit di pahami,, bagemana tidak ! pada mata pelajaran Matematika kita dihadapkan dengan angka-angka, rumus-rumus yang begitu banyak yang kadang membuat kita bingung. 


Tidak sedikit di antara kita mengeluh sulit memahami dan bahkan membenci mata pelajaran matematika, problem semacam ini banyak kita temaui pada kalangan siswa dan pelajar.terkadang juga kita dibuat dilemma dengan mata pelajaran tersebut . Akan tetapi kalau kita pikir-pikir ilmu matematika itu tidak akan lepas dengan kehidupan kita sehari-hari atau dengan kata lain ilmu matematika mempunyai peran penting pada kehidupan kita, tinggal bagemana cara pandang kita untuk mempelajari dan memahami ilmu matematika tersebut.
Matematika sulit?! Kata Siapa???! Mungkin sebagian besar orang menganggap Matematika itu sulit dikarnakan pola mereka yang tidak berkembang dan selalu mengatakan bahwa matematika itu kebanyakan harus dihafal seperti rumus-rumus tertentu,tidak selamanya kita harus menghafal rumus-rumus cukup dengan memahami dan mencoba untuk membuktikan dengan latihan yang terus menerus. Matematika itu sebenarnya menyenangkan dan tidak SULIT! 

Banyak cara atau metode pembelajaran yang sangat menyenangkan dan gampang untuk kita pahami tampa harus kita memikir untuk menghafalkannya, sebagai contoh kita dapat berhitung secara cepat dengan menggunakan jari metode tersebut bertujuan selain kita dapat berhitung secara cepat dan tepat dengan memnggunakan metode jari dapat melatih ingatan kita tentang penjumlahan,pengurangan,perkalian maupun pembagian serta menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan. Selain itu banyak cara atau metode yang di kembangkan oleh pakar-pakar Matematika sesuai dengan perkembangan zaman, banyak model dan metode beljar yang terapkan oleh guru mungkin tidak sesuai dengan pola piker kita, sebenarnya dalam mempelajari matematika kita tidak harus menghafal seperti mata pelajaran yang lain. Yang perlu dilakukan adalah belajar mengulangi diimbangi dengan latihan yang kontinyu.
Kalau hal diatas kita lakukan secra berulang-ulang maka dengan sendirinya kita akan mampu mengusai ilmu Matemastika. Karena banyak orang yang bilang bahwa ilmu Matematika adalah raja daripada ilmu-ilmu yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar