Kamis, 09 Januari 2014

Trovants Si Batu Hidup


Misteri Trovants Si Batu Hidup
Misteri Trovants Si Batu Hidup
Batu adalah benda mati. Ia tidak bisa berkembang. Tetapi, di Rumania, ada batu ajaib yang bisa bertumbuh, lo!
Batu Hidup
Namanya Trovants. Secara kasat mata, batu ini sama dengan batu lain pada umumnya. Namun, trovants atau living stone  ini sangat istimewa, karena bisa bertumbuh dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Museum Trovants
Trovants 1
Taman bat-batu trovants
Trovants banyak ditemukan di wilayah Valcea, Rumania. Bahkan karena banyaknya trovants yang ada, dan antusias para turis yang ingin melihat batu hidup ini, pada tahun 2006, wilayah ini dijadikan museum terbuka. Di museum cagar alam trovants ini,para pengunjung bisa melihat batu-batu hidup dari berbagai ukuran dan warna.
Bola Pasir Semen
Menurut beberapa ahli, trovants adalah fenomena geologi. Batu-batu ini merupakan bola pasir semen yang terbentuk akibat gempa bumi yang kuat, yang terjadi 6 juta tahun yang lalu. Nah, karena aktivitas seismik yang kuat inilah, trovants si batu hidup terbentuk.Lalu, bagaimana trovants tumbuh? Yap, batu ini tumbuh setelah hujan besar turun. Batu ini akan membesar dari yang tadi hanya berukuran 6-8 milimeter menjadi 6-10 meter. Whuiiih!
trovants 2
Trovants tidak hanya berkembang, tapi juga menghasilkan tunas batu baru
Tumbuh Tunas
Ssst… batu ini rupanya tidak hanya berkembang menjadi lebih besar, lo. Trovants juga bisa menghasilkan tunas batu lainnya. Ketika tunas itu membesar, ia akan memisahkan diri dan menjadi batuan induk baru.
Lingkaran Usia
Tumbuhnya batu hidup ini, sebenarnya menjadi pertanyaan besar bagi para geolog. Namun, sampai saat ini, para geolog masih gagal menemukan alasan tepat, mengapa batu ini memiliki lingkaran usia, sama seperti yang terdapat pada batang pohon, yang terbelah. Padahal, secara komposisi kimia, trovants tidak ada hubungannya dengan tanaman. Trovants murni batu.  Namun, untuk
trovants 3
Jika dibelah, trovants punya lingkaran usia, sama seperti lingkaran usia pada batang pohon.
memecah kebuntuan, para geolog berpendapat bahwa tumbuhnya trovants terjadi karena tingginya kandungan garam mineral pada batu ini. Sehingga ketika permukaan trovants basah, kandungan ini akan memperluas pasir dan semen, sehingga membuat batu ini tumbuh.
Jadi Souvenir
Misteri batu hidup ini rupanya bukan menjadi masalah besar bagi penduduk setempat, lo. Mereka sudah terbiasa dengan fenomena batu hidup ini. Malah, dengan adanya trovants, membuat banyak wisatawan mengunjungi wilayah ini. Sebab itulah, banyak peduduk di sana yang memanfaatkan trovants ini sebagai souvenir untuk para wisatawan.

0 komentar:

Posting Komentar