Rabu, 05 Februari 2014

Yuk, Sambangi Menara Petronas, Menara Kembar Tertinggi di Dunia










Berkunjung ke Malaysia belum lengkap rasanya jika belum berfoto dengan latar belakang Menara Petronas. Menara kembar setinggi 451,9 meter ini memang sudah menjadi semacam simbol Malaysia. Jauh-jauh datang ke Menara Petronas, jangan cuma berfoto saja ya. Cobalah masuk ke bagian dalam menara dan nikmati keindahan pemandangan kota Kuala Lumpur di ketinggian. Ada apa lagi sih di dalam Menara Petronas Malaysia? Temukan informasinya di bawah ini.

Menara Kembar Petronas

Menara Petronas merupakan dua gedung pencakar langit identik yang terletak di wilayah Kuala Lumpur, Malaysia. Menjulang setinggi 451,9 meter, Menara Kembar Petronas dikenal sebagai menara tertinggi di Malaysia. Bahkan, Menara Kembar Petronas sempat menyandang reputasi sebagai gedung tertinggi di dunia pada tahun 1999 hingga 2004 sebelum dikalahkan oleh Taipei 101 di Taiwan. Hingga saat ini, Menara Petronas masih tercatat sebagai bangunan kembar tertinggi di dunia.


Menara Petronas Sebagai Destinasi Wisata di Malaysia

Bersama dengan Menara Kuala Lumpur, Menara Petronas dikenal sebagai simbol Malaysia. Tak heran jika banyak wisatawan berdatangan ke menara ini. Sebagian wisatawan hanya melihat-lihat menara dari luar dan sekedar berfoto dengan latar belakang menara sebagai tanda bahwa mereka sedang berada di Malaysia. Banyak pula wisatawan ataupun warga lokal yang masuk dan naik ke lantai atas menara untuk menikmati keindahan pemandangan kawasan perkotaan Malaysia dalam sudut 360 derajat. Dalam Travelers’ Choice 2013 dari TripAdvisor, Menara Kembar Petronas dianggap sebagai tempat wisata terfavorit di Malaysia.





Bagian Atas Menara Petronas


Desain Menara Petronas

Menara Kembar Petronas dibangun dengan gaya arsitektur post-modern dengan sentuhan budaya Islam. Gaya post-modern yang menghadirkan kesan abad 21 tampak dari material baja dan kaca yang melapisi bangunan dari bawah sampai ke bagian paling atas. Sementara kesan Islam terlihat dari bagian atas kedua menara yang meruncing dan menyerupai bentuk bintang bersudut 8, sesuai dengan bentuk geometri islam sederhana.


Bentuk bangunan Menara Petronas juga amat kental dengan nuansa Malaysia. Sebagai contoh, menara kembar ini tampak membentuk huruf M raksasa jika dilihat dari bagian depan. Sementara itu, motif luar bangunan yang bergerigi mengingatkan kita pada motif anyaman keranjang yang diakui Malaysia sebagai salah satu benda kerajinannya. Ada banyak makna dan harapan lain yang tersimpan dalam desain Menara Petronas Malaysia di antaranya makna persatuan, keharmonisan, stabilitas dan rasional, serta harapan akan pertumbuhan dan kemajuan bangsa.


Bagian-bagian Menara Petronas

Dibangun setinggi 88 tingkat, Menara Petronas difungsikan sebagai areal perkantoran dan sekaligus tempat wisata. Bagian dalam gedung dilengkapi dengan ruang-ruang kantor, dek observasi, toko souvenir, serta Skybridge – jembatan berdinding kaca yang menghubungkan kedua menara di ketinggian 170 meter. Berikut adalah beberapa tempat yang menarik bagi wisatawan di Menara Petronas Kuala Lumpur.


Skybridge

Seperti dijelaskan sebelumnya, Skybridge merupakan jembatan yang menghubungkan kedua gedung kembar yang menjadi bagian dari Menara Petronas. Jembatan ini dibangun dalam 2 tingkat yang terletak di lantai 41 dan 42 dengan ketinggian sekitar 170 meter dari permukaan tanah. Dinding Skybridge sengaja dibuat dari kaca agar pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian. Agar lebih kokoh dan aman, Skybridge tak mengapung begitu saja di antara kedua gedung melainkan disangga oleh tiang-tiang yang terhubung dengan lantai 29 di masing-masing gedung.





Skybridge Menara Petronas


Dek Observasi / Observation Deck

Dek Observasi dibangun khusus untuk wisatawan yang ingin menyaksikan panorama kota Kuala Lumpur tanpa terhalang. Terletak di lantai 86 dengan ketinggian 360 meter, wisatawan bisa menyaksikan seluruh penampakan kota hingga batas garis cakrawala. Pengunjung yang ingin melihat pemandangan kota dengan lebih jelas bisa menggunakan sejenis teleskop yang tersedia. Dek Observavsi di Menara Petronas bisa menjadi tempat yang tepat untuk seru-seruan bersama teman atau menikmati saat-saat romantis dengan pasangan.


Toko Suvenir / Gift Shop

Agar kunjungan ke Menara Petronas tetap tersimpan dalam ingatan, wisatawan bisa membeli kenang-kenangan di toko suvenir atau gift shop yang tersedia di dalam menara. Berbagai macam suvenir unik ditawarkan di tempat ini mulai dari kaos, topi, mug, asbak, gantungan kunci, hingga pajangan. Benda-benda yang dijual di Gift Shop Petronas Tower juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga di rumah.


Transportasi ke Menara Petronas

Menara Petronas berlokasi di jantung kota Kuala Lumpur, tepatnya di Kuala Lumpur City Center (KLCC). Akses ke kawasan ini amatlah mudah. Wisatawan bisa menggunakan kereta ataupun taksi untuk mencapai KLCC. Karena bentuk bangunannya yang tinggi, Menara Petronas dapat terlihat dari berbagai kawasan di pusat kota Kuala Lumpur.





RapidKL Kelana Jaya


Wisatawan yang ingin menggunakan kereta bisa naik dari stasiun manapun di kawasan Klang Valley lalu turun di stasiun KLCC (KJ10). Jalur kereta yang langsung melewati stasiun KLCC adalah Kelana Jaya Line. Menara Petronas langsung terlihat dengan jelas begitu wisatawan keluar dari stasiun tersebut.


Taksi juga bisa menjadi alat transportasi yang nyaman dan praktis untuk mencapai Menara Petronas. Apalagi, taksi di Kuala Lumpur terkenal memberikan pelayanan yang baik dengan harga terjangkau. Sebelum menggunakan taksi, wisatawan sebaiknya memastikan bahwa sang supir setuju menggunakan argometer. Jika tidak, abaikan saja taksi tersebut dan cari taksi lainnya.


Informasi lebih lanjut mengenai transportasi di Kuala Lumpur bisa kamu temukan di sini.


Akomodasi dekat Menara Petronas

Terletak di jantung kota Singapura, Menara Petronas dikelilingi oleh hotel-hotel mewah. Meski menyandang reputasi sebagai hotel bintang 4 dan 5, tarif hotel-hotel mewah di kawasan KLCC Singapura tergolong terjangkau. Bayangkan, masih ada hotel bintang 5 di Kuala Lumpur yang menawarkan tarif hanya sekitar Rp1.000.000 per malam. Tarif tersebut setara dengan harga hotel-hotel kelas menengah di Singapura.


Mandarin Oriental Kuala Lumpur dan Ascott Kuala Lumpur adalah hotel-hotel mewah dengan jarak terdekat dari Menara Petronas. Sementara itu, wisatawan yang tak menyediakan anggaran besar untuk urusan akomodasi bisa menginap di kawasan Bukit Bintang. Hotel budget di Kuala Lumpur banyak berlokasi di kawasan ini.


Jam Kunjungan Menara Petronas

Menara Kembar Petronas dibuka untuk umum setiap hari Selasa-Minggu pukul 09.00-21.00waktu Malaysia. Salah satu objek wisata terfavorit di Malaysia ini juga tetap buka setiap hari libur nasional kecuali pada Hari Raya Puasa (Idul Fitri) dan Hari Raya Haji (Idul Adha). Harap diingat bahwa Menara Petronas tutup untuk umum setiap hari Senin.


Tiket Masuk Menara Petronas

Tiket masuk ke Menara Kembar Petronas bisa didapatkan di loket-loket di bagian bawah Menara. Harap diingat bahwa pihak pengelola Menara Kembar Petronas hanya menjual tiket di loket resmi dan tak pernah mengeluarkan tiket secara online. Berikut adalah rincian harga tiket masuk ke Menara Kembar Petronas.
Dewasa : RM80
Dewasa (pemilik MyKad) : RM25
Anak-anak : RM30
Anak-anak (pemilik MyKid) : RM12


*MyKad adalah kartu identitas resmi (sejenis KTP) bagi warga negara Malaysia usia 12 tahun ke atas sedangkan MyKid merupakan kartu identitas untuk anak-anak berusia di bawah 12 tahun. MyKad di Malaysia juga bisa berfungsi sebagai izin mengemudi, kartu ATM, dompet elektronik dan kunci.




Sumber: www.voucherhotel.com

0 komentar:

Posting Komentar